Monitor54 # 39/VIII

MONITOR54

adalah email newsletter yang diterbitkan olah pakTon di Depok, salah seorang DXer senior di Indonesia, saya telah mendapatkan ijin dari beliau untuk memuat edisi M54 baik sebagian maupun keseluruhan dalam blog ini. Sebagai referensi yang up to date, M54 dapat menjadi rujukan bagi para Dxer
Saya mulai dari edisi 39/VIII yang spesial saya muat keseluruhannya tanpa dikurangi sama sekali.

________________________________________________________________________________________________

m54 # 39/VIII – 28 May 2009

☺ [dxld]

·Markas baru Radio Free Europe/Radio Liberty di Prague.Tuesday, May 12, 2009 9:04 PM

From: "Mike Terry" <miketerry73@btinternet.com> To: "DXLD" <dxld@yahoogroups.com>

Prague AFP 12 May 2009

Radio Free Europe/Radio Liberty yang dibiayai AS, dengan siaran ke negara-negara yang dibatasi hak-hak persnya, hari Selasa membuka sebuah kantor pusat baru yang sangat aman di Prague. "Sekuriti adalah pertimbangan utama kami," kata Steven Simmons, seorang pimpinan dewan siaran mengatakan dalam sebuah upacara.

Kepindahan brodkaster yang dibiayai Kongres AS itu sebagian dikarenakan meningkatnya kekhawatiran pihak Czech pada terorisme menyusul serangan 11 September 2001. Dalam tahun-tahun terakhir RFE/RL telah mengurangi aktivitasnya di Eropa Tengah dan Timur guna lebih memberi perhatian pada Russia, Belarus, Ukraina, wilayah Caucasus, Asia Tengah, Afghanistan, Iran dan Iraq. Stasun radio dengan lebih dari 1,000 jurnalis dan koresponden itu mengudara dalam 28 bahasa dan telah mengembangkan sebuah jaringan situs.

Presiden EstoniaToomas Hendrik Ilves, yang pernah bertugas di RFE/RL selama sembilan tahun selama komunisme dan transisi post-Soviet, memuji radio itu dalam usahanya "untuk memastikan adanya free press di mana aliran ide-ide yang bebas dibatasi."

RFE/RL, didirikan oleh AS selama Perang Dingin tahun 1950an, pindah ke Prague dari Munich, Jerman tahun 1995, bertempat di bekas gedung parlemen Czechoslovakia di ujung tengah Lapangan Wenceslas. Setelah 9/11, penguasa Czech memutuskan untuk memindahkan stasiun radio itu dari pusat kota dan mendirikan markas baru yang oleh radio itu sendiri disebut sebagai salah satu dari gedung-gedung yang best-protected di Eropa.

http://www.google. com/hostednews/ afp/article/ ALeqM5gp7UQ5Yf62 yvNqW7vXmXc- g3fvsg

·Radio New Zealand memenangkan Station of the Year award

Tuesday, May 12, 2009 9:41 PM

From: "Mike Terry" <miketerry73@btinternet.com> To: "DXLD" <dxld@yahoogroups.com>

Radio New Zealand National telah mengumumkan Best Radio Station 2009 New Zealand Radio Awards di Auckland. Ini untuk pertama kalinya sebuah brodkaster milik publik yang non-komersial memenangkan top award industi radio. Radio New Zealand National memenangkan Station of the Year mengungguli runner-up NewstalkZB dan The Rock Network. Selain memperoleh Station of the Year award, Radio New Zealand juga menerima award untuk Best Radio Website dan menyapu bersih industry award untuk best news termasuk Best Coverage of a News Story, Best Newsreader dan Radio Journalist of the Year.

Chief Executive Radio New Zealand, Peter Cavanagh, mengatakan penghargaan itu merupakan pengakuan yang sangat kuat baik mengenai mutu maupun pentingnya siaran milik publik New Zealand. "Secara keseluruhan, staff Radio New Zealand memenangkan 13 awards untuk prestasi yang sangat bagus dalam New Zealand Radio Awards 2009. Sebagai sebuah brodkaster milik publik yang independen dan commercial-free, tujuan utama Radio New Zealand adalah guna melayani public interest. Rekor jumlah Radio Awards yang dimenangkan oleh Radio New Zealand tahun ini menunjukkan bahwa orang-orang New Zealand telah mendapat layanan yang sangat baik dari brodkaster nasional mereka. "

Cavanagh juga menghargai kematangan industri radio New Zealand untuk mencapai yang terbaik dalam persaingan traditional. "New Zealand adalah salah satu pasar radio yang paling kompetitif di dunia. Banyak dikatakan tentang rekan-rekan kami di sektor komersial, yang tanpa melupakan tingkat persaingan yang luar biasa itu, mereka telah siap untuk mengenali sebuah brodkaster non-commercial seperti Radio New Zealand dengan cara yang bebas dan signifikan."

Cavanagh mengatakan bahwa ia secara khusus merasa gembira bahwa industri radio telah mengetahui keberhasilan situs Radio New Zealand yang telah secara drastis mengubah hubungan organisasi dengan pendengarnya di tahun-tahun terakhir ini. "Sejumlah besar program kami sekarang dapat diakses pendengar kami secara audio-on-demand atau download sebagai podcast. Di tahun 2008, lebih dari enam juta program-program Radio New Zealand di-replay melalui Internet. Banyak di antara pendengar itu adalah orang-orang New Zealand yang tinggal dan bekerja di seberang lautan yang tidak dapat mendengarkan siaran-siaran radio dengan cara biasa." Radio New Zealand National website http://www.radionz. co.nz/national/ home

Sumber: Media Network, Radio New Zealand via Southgate http://www.southgat earc.org/ news/may2009/ radio_new_ zealand.htm

·IARU mengucapkan terima kasih kepada brodkaster yang pindah dari 7MHz

Friday, May 15, 2009 7:13 AM From: "Mike Terry" <miketerry73@btinternet.com>

To: "DXLD" <dxld@yahoogroups.com>, "BDXC News" <bdxc-news@yahoogroups.com>

RSGB News

International Amateur Radio Union berterima kasih kepada brodkaster short wave dalam usaha mereka dalam jumlah yang besar melakukan migrasi dari apa yamg sekarang dikenal di seluruh dunia sebagai amateur-exclusive band dari 7100 sampai 7200kHz sampai tanggal yang ditentukan 29 Maret.

Sekretaris IARU Dave Sumner, K1ZZ, telah dengan cepat memberitahukan kesediaan sebagian besar brodkaster untuk QSY dari jalur itu, seperti telah diputuskan oleh World Radio Conference tahun 2003. Ia juga merasa yakin bahwa sedikit transmitter siaran sisanya yang beroperasi di 7200kHz dan di bawahnya akan menyusul dalam minggu-minggu mendatang. Perpindahan siaran dari spektrum ini telah menghasilkan perkembangan yang sangat besar dalam pemanfaatan 40 meter bagi komunikasi radio amatir. http://www.rsgb.org/news/ 0002.php

DX LISTENING DIGEST 9-040, May 12, 2009

  • DIGITAL BROADCASTING — DAB

Saya tidak memakai radio DAB saya selama beberapa minggu karena saya temukan hanya satu atau dua stasiun yang menarik. Bebarapa stasiun FM hanya memberi program yang sedikit lebih baik, tetapi saya pikir kualitas DAB tidak lebih bagus dari FM, jadi kenapa mesti ganti? Juga, penerimaan DAB kelihatannya banyak berbeda. Di bagian kota di mana saya tinggal, peneriman DAB bagus; saya bisa menangkap banyak stasiun, tetapi di bagian-bagian lain penerimaan buruk, menurut orang-orang yang saya ajak bicara, yang seorang di antaranya telah mengembalikan sebuah radio DAB yang dibelinya (Edwin Southwell, Basingstoke, England, May World DX Club Contact via DXLD)

  • INTERNET. Tweet Dreams — Myspace, Facebook, Twitter, Widgets dan Gadgets.

Untuk beberapa waktu saya memanfaatkan situs-situs “social networking”, dan telah menemukan bahwa dalam beberapa kasus bisa sangat berguna bagi mereka yang menyukai international broadcasting.

Pengalaman saya dengan myspace sangat terbatas. Ya, saya punya satu halaman; tidak pernah memakai atau meng-update-nya (terakhir yang pernah saya lakukan adalah di tahun 2006). Tetapi saya juga mencatat bahwa beberapa brodkaster dan program punya halaman-halaman myspace mereka sendiri. Sebuah contoh adalah satu dari program musik yang lebih menarik punya Polish Radio External Service, Studio 15. Halaman myspace mereka ada di: http://www.myspace.com/polishradiostudio15

Facebook lain lagi. Saya menganggap yang ini sangat berguna. Banyak brodkaster internasional, program-program dan host tampil dan dalam beberapa kasus punya halaman-halaman bagi para fan. Saya juga punya banyak teman Facebook dari komunitas dxing. Beberapa kali, ini merupakan satu sumber info yang sangat handy.

Khususnya Radio Sweden dan Radio France Internationale punya halaman-halaman Facebook yang bagus. Dan terdapat group bagi para fan juga. Saya meng-update berita-berita terkini dari siaran-siaran baru Happy Station via halaman HS Facebook dan halaman host-nya, Keith Perron.

Saya boleh dibilang baru untuk Twitter (apakah itu Twit atau Twiterer bagi saya?) Saya belum tahu apakah saya akan menyukainya atau tidak. Bagaimanapun juga mudah untuk melanggan sajian Twitter yang berbeda dari sumber-sumber berita besar seperti BBC World Service, CBC, DW dan banyak lainnya. Menurut saya ini adalah sesuatu yang harus Anda fine tune — beberapa sajian, seperti Huffington Post, saya anggap mirip spam dan suka nyelonong. Bukan mau menilai kontennya, tetapi isinya. Kalau Anda menginginkan saya sebagai Facebook friend, atau “mengikuti” saya di Twitter, silakan.

Saya juga pernah ber-Yahoo Widgets. Akhirnya saya men-delete-nya, karena alasan yang sederhana mereka terlalu banyak mengambil memory dari komputer saya. Mungkin mereka boleh saja berbuat begitu kalau Anda punya ber-ton-ton RAM, sehingga mereka akan sangat berguna. Jujur saja saya belum pernah mendengar tentang widgets, atau tidak pernah menaruh perhatian mengenai itu, sampai saya membaca mengenainya di situs DW. Saya download program widget dan kemudian widget DW. Sebuah permainan yang menyenangkan. Saya bisa mengakses DW News, DW Radio dan pernah sekali, mungkin secara kebetulan, DW TV.

Banyak widget yang berhubungan dengan radio, yang memungkinkan seseorang bisa mendengarkan stasiun-stasiun radio dari seluruh dunia. Hasilnya bermacam-macam dan saya tidak benar-benar memanfaatkannya.

”Gadgets yang di-power-i Google adalah obyek-obyek miniatur buatan para pemakai Google seperti Anda yang menawarkan konten yang cool dan dinamis yang bisa ditempatkan di halaman manapun di web.

“Gadgets bisa jadi handy saat Anda sedang bekerja (to-do list, currency converter, calendar), di sekolah (calculator, Wikipedia, translation tool), atau sekadar melewatkan waktu (news, blogs, games). Andapun bisa menambahkan gadgets yang Anda suka di iGoogle dan, kalau Google Desktop sudah ter-install, Andapun bisa menampilkan gadgets di desktop komputer Anda.” http://www.google.com/webmasters/gadgets/

Saya sendiri belum mekakai gadgets, tetapi saya yakin banyak aplikasi radio ditemukan di sana. Dan sekarang sebuah pandangan yang berlawanan — (bukan atribut, mungkin oleh Fred Waterer, editor kolom, Programming Matters, May ODXA Listening In via DXLD)

NOT SO TWEET DREAMS

http://www.spokesman.com/blogs/commcomm/2009/apr/10/tweet-no-thanks/

Tweet? No, thanks. Good morning, Netizens. Kartoon punya David Horsey hari ini benar-benar menyakitkan hati saya, karena walaupun telah bertahun-tahun saya berbicara dengan orang-orang asing di radio CB, radio shortwave, Usenet news dan e-mail, karena beberapa alasan aneh saya menghindari sistim social networking seperti Facebook dan Twitter. Dalam beberapa hal kelihatannya hanya buang-buang waktu saja berkomunikasi dengan orang lain yang tidak saya kenal ketika saya mungkin bisa berbicara dengan orang yang benar-benar saya kenal. Syukurlah, dengan Twitter ada beberapa kesempatan untuk siaran-siaran berita langsung, tetapi secara pribadi saya memilih untuk meninggalkan Tweets untuk teman-teman kami itu, dan saya bahkan tidak punya satu halaman Facebook pun.

Pertanyan saya adalah: Kalau saya sudah merasa cukup senang dengan pasangan hidup saya dan lingkungan kecil teman-teman saya, kenapa saya harus memilih untuk membuangnya guna mencari seseorang yang lain? Kadang saya berpikir apakah saya punya cukup waktu dengan mereka; karena keharusan dalam bekerja dan menulis, waktu kelihatannya berlalu begitu saja seperti apa adanya.

Kalau saya bisa berbicara langsung dengan isteri atau teman-teman saya, kenapa saya harus menambahkan pernak-pernik elektronik lain pada cara-cara yang bermacam-macam yang sudah saya pakai, hanya karena itu adalah keluaran terbaru? Secara pribadi, saya tidak menilai buruk kesenangan-kesenangan baru, karena pada akhirnya nanti mereka akan berubah menjadi sesuatu dan dalam beberapa kasus tidak berhasil mencapai apa yang awalnya diinginkan.

Mungkin yang paling menjadi perhatian saya adalah mengenai privacy, sesuatu yang seperti sudah kita lihat enam bulan atau lebih terakhir, dalam dunia social networking, privacy kadang-kadang begitu saja tidak muncul. Dengan segera saya akui bukti-bukti kurangnya privacy dalam komunitas online adalah tidak jelas dan seringkali tidak bisa dibuktikan, sayapun tahu, berdasarkan pengalaman sebelumnya, bahwa apapun yang tertulis online tidak bisa ditemukan hukum-hukumnya, dan karenanya apa yang Anda katakan bisa dianggap berlawanan dengan Anda. Di suatu tempat dalam wilayah luas elektronik yang samar-samar, sesuatu yang telah Anda tulis bertahun-tahun lalu sedang menunggu, terjaga dengan baik, dan menunggu untuk muncul kembali untuk memburu Anda (via May ODXA Listening In via DXLD)

>>> Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah meluangkan waktu untuk mengundang saya dalam beberapa social networking, namun dengan alasan yang mirip komentar ODXA di atas, saya belum sempat meresponnya. TA

Situs web Voice of Russia, telah menambahkan podcasts sebagai pilihan untuk mendengarkan siarannya. Bagi yang belum mengenalnya, podcasting adalah sebuah konsep yang memungkinkan penempatan software di PC Anda, atau pada sebuah situs web, yang secara otomatis mengunduh programming yang sudah di-update ke komputer Anda untuk didengar kapan saja, baik di komputer itu sendiri atau di peralatan lain yang mampu memakai file-file MP3, seperti iPod, MP3 player, atau sebuah radio Internet.

Keuntungan bagi pendengar adalah, bila Anda adalah pendengar yang biasa mendengar sebuah program tertentu, komputer Anda akan punya daftar lengkap episode program itu kapan Anda inginkan, sehingga Anda tidak perlu memikirkan untuk membuka program itu dari situs stasiun. Sisi buruknya adalah, kalau Anda tidak secara rutin membersihkan episode-episode yang diunduh, Anda akan temukan ruang hard disk Anda menyusut dengan cepat.

Sekarang Voice of Russia menawarkan beberapa dari program-program regulernya dari jadwal yang baru, selain jadwal yang lama, untuk podcast. Tidak semua episode dari semua program tersedia, tetapi daftar ini mungkin bisa memberi motivasi bagi Anda untuk mendengarkan sesuatu yang mungkin terlewatkan. Dalam daftar itu termasuk:

Moscow Mailbag – program kontak pendengar yang sudah lama berjalan

Kaleidoscope – program majalah ekonomi, sosial dan budaya

Christian Message from Moscow – mengenai gereja Orthodox Russia

This Is Russia – kebiasaan dan tradisi banyak bangsa-bangsa Russia

Legends of Russian Sports – dwi-mingguan mengenai atlit-atlit besar Russia

Guest Speaker – acara harian sebuah interview pendek (5-menit) bersama selebriti politik / ekonomi / artis terkenal

Voice of Russia Treasure Store – Program yang menampilkan rekaman-rekaman dari arsip Voice of Russia / Radio Moscow. Mungkin berupa cerita-cerita historis, kultural, atau dramatis

(Rich Cuff, Click!, May ODXA Listening In via DXLD)

  • WRTH A-09 UPDATE

Supplement A-09 World Radio TV Handbook sebanyak 103-halaman pdf telah dikeluarkan hari ini 11 Mei, yang tersedia bagi siapa saja, bahkan bagi mereka yang tidak membeli edisi cetakan tahunan Handbook di: http://www.wrth.com/files/WRTHA09UpdateMAY2009.pdf

(Glenn Hauser, 0339 UT May 12, dxldyg via WORLD OF RADIO 1460, DX LISTENING DIGEST)

WRTH dengan senang hati mengumumkan bahwa file jadwal musim ’A’ telah tersedia untuk diunduh dari situsweb WRTH di: http://www.wrth.com dan ikuti petunjuk selanjutnya.

File berisi jadwal sekitar 230 brodkaster internasional dan clandestine/target. File jadwal dalam format PDF. Anda memerlukan Acrobat reader (v6 atau yang lebih baru) yang tersedia di http://www.adobe.com untuk bisa membaca file tersebut. File sebanyak 102 halaman dan berukuran 355 kb. Kami berharap Anda memperoleh kelengkapan yang berguna bagi WRTH cetakan. Salam (WRTH editorial Team, WRTH Website: http://www.wrth.com Email: sean.gilbert @ wrth.com (International Editor, 0742 UT May 12, DX LISTENING DIGEST)

>>> Jelasnya: 102 ditambah satu cover menjadi 103 halaman, dan memang perlu bagi dxers dan swl umumnya. Yang kurang jelas: hasil unduhan menurut komputer saya 476 – 477 KB, bukan 355 KB. TA

Leave a Reply

