Radio Free Asia terbitkan kartu QSL pionir radio seri ke 3

Thursday, July 9, 2009 2:05 AM From: “Alokesh” <alokeshgupta@gmail.com>

To: dxld@yahoogroups.com, “CUMBRE DX” cumbredx@cs2.ralabs.com

JULY 2009
Radio Free Asia merilis kartu QSL ke 3 dari seri
pionir radionya
. Kartu itu untuk menghormati fisikawan Amerika kelahiran Serbia, Nikola Tesla. Tesla adalah seorang pionir di banyak bidang. Koil Tesla, yang ditemukannya di tahun 1891, sekarang banyak dipakai untuk peralatan elektronik. Nikola Tesla mempatenkan sistim dasar radio pada tahun 1896. Diagram skematis Tesla yang menjelaskan elemen-elemen dasar sebuah transmitter radio, di hari kemudian dipakai oleh Marconi. Tahun 1896 Tesla merangkai sebuah instrumen untuk menerima gelombang radio. Ia melakukan eksperimen dengan peralatan ini dan men-transmit gelombang radio dari laboratorinya di New York. Peralatan radio itu dengan jelas membuktikan Nikola Tesla sebagai seorang pionir radio. Di Colorado Springs, di mana ia tinggal dari Mei 1899 sampai 1900, Tesla membuat apa yang ia sebut sebagai penemuannya yang paling penting-gelombang stasioner terrestrial.
Dengan penemuan ini Tesla membuktikan bahwa Bumi bisa dipakai layaknya sebuah konduktor dan akan memberi respon seperti sebuah garpu tala pada getaran-getaran elektrik dari satu frekwensi tertentu. Ia juga mampu menyalakan 200 lampu tanpa kabel dari jarak 25 mil (40 kilometer) dan menciptakan kilat buatan.

Kartu QSL ini akan diberikan untuk semua lps RFA yang valid dari tanggal 1 Juli – 31 Agustus 2009. RFA menghimbau para pendengar untuk mengirim lps yang sangat berarti bagi RFA karena membantu meng-evaluasi kekuatan sinyal dan mutu siaran kami. RFA mengkonfirmasi semua lps yang akurat dengan mengirim sebuah kartu QSL kepada pendengar.

RFA menerima semua lps di www.techweb.rfa.org (ikuti link QSL REPORTS) tidak hanya dari para DXer, tetapi juga dari pendengar kalangan umum. Lps juga bisa dikirim melalui email ke alamat qsl@rfa.org dan bagi mereka yang tidak punya akses Internet, lps dapat dikirimkan ke:

Reception Reports
Radio Free Asia
2025 M. Street NW, Suite 300
Washington DC 20036
United States of America.

Apabila diminta, RFA juga akan mengirimkan satu kopi jadwal siaran terbaru dan stiker stasiun.
(AJ Janitschek)
—-
Alokesh Gupta
New Delhi, India

Sumber : SWL 1. 010 terbit Jumat 17/07/2009 oleh Tony Ashar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s