Radio Prague: perlu support untuk mencegah penutupan shortwave

Fw: [dxld] Radio Prague: perlu support untuk mencegah penutupan shortwave

[dxld] Radio Prague: support needed to prevent shortwave closing

Tuesday, October 13, 2009 12:39:13 AM

From: “mikebarraclough” <mikewb@dircon.co.uk> To: “” <dxld@yahoogroups.com>

Saya baru saja mendengar dari Jonathan Murphy yang menulis antara lain:
Minggu yang lalu saya berada di Prague dan bertemu David Vaughan, mantan kepala Seksi bahasa Inggris. Telah diumumkan bahwa Kementerian Luar Negeri Czech sedang meminta Radio Prague untuk mengakhiri semua transmisi shortwave dari Republik Czech pada akhir tahun 2009. Ini merupakan satu langkah yang tidak akan mundur lagi. Radio Prague merupakan satu-satunya kustomer di Litomysl dan hal itu akan berujung pada penutupan dan pembongkaran lokasi transmitter tersebut.
David telah menulis surat yang dia ingin agar disebarkan seluas-luasnya:

12 Oktober 2009
Dear Friends of Radio Prague,
Anda mungkin belum menyadari bahwa masa depan Radio Prague – layanan internasional Czech Radio – sedang berada dalam ancaman serius. Stasiun itu mulai mengudara di shortwave tahun 1936 dan, dengan pengecualian di masa perang dalam pendudukan Jerman, telah melakukan siaran ke dunia semenjak itu. Seperti kebanyakan layanan publik internasional, Radio Prague dibiayai negara. Dibiayai melalui anggaran negara, via Kementerian Luar Negeri Czech.
Radio Prague sedang menghadapi pemotongan 20% dalam anggaran untuk 2010.
Sekilas, angka tersebut sepertinya bukanlah satu pukulan yang mematikan, tetapi akibatnya akan sangat menyedihkan. Secara explisit Kementerian Luar Negeri telah menyatakan menetapkan shortwave sebagai sebuah kesalahan masa lalu dalam sarana broadcasting dan telah meminta kepada Radio Prague untuk mengakhiri seluruh siaran-siaran shortwavenya mulai Januari 2010. Karena itu transmitter di Litomysl (sebelah timur Prague), hampir pasti akan dibongkar. Utamanya, Radio Prague akan bekerja terus di website.
Penghematan anggaran negara hanya sedikit saja. Dalam usaha menghemat sekitar setengah juta euro, Radio Prague akan berhenti sebagai shortwave broadcaster setelah lebih dari 70 tahun.
Sewaktu saya bekerja sebagai seorang koresponden BBC dan kemudian sebagai editor-in-chief di Radio Prague (sampai 2006), ketika saya juga aktif di European Broadcasting Union, saya mengikuti benar-benar perkembangan dalam international broadcasting. Selama masa itu sejumlah international broadcasters menghentikan usaha-usaha mereka di bidang radio – nyaris selalu menyangkut para birokrat daripada mereka yang betul-betul bekerja di stasiun-stasiun itu sendiri. Hampir tanpa pengecualian berujung pada, cepat atau lambat, kematian seluruh stasiun itu.
Ada beberapa alasan untuk ini. Satu kesamaan yang cukup baik adalah membandingkan posisi sebuah suratkabar dengan satu tradisi panjang dan kaya, yang berhenti muncul dalam bentuk kertas, lalu tampil hanya dalam sebuah web. Walaupun tren yang mendunia menuju digitalisasi adalah jelas, itu tidak berarti adalah bijaksana melemparkan begitu saja dalam semalam semua kemajuan dalam mem-produksi sebuah suratkabar “traditional”. Dalam kasus radio, risikonya malah lebih jelas, karena siaran layanan publik adalah satu medium yang sangat spesifik dengan tradisi dan audiens sendiri, dan di atas semuanya adalah kata-kata yang diucapkan.
Dalam kehadirannya selama tujuh dekade, Radio Prague telah membangun sebuah basis besar know-how dan reputasi yang impresif secara internasional: Perannya dalam peristiwa tahun 1968, ketika para jurnalis Radio Prague menentang invasi pimpinan Soviet ke Czechoslovakia, adalah legendaris. Radio Prague telah mambangun dengan dasar tradisi ini dalam dua dekade sejak runtuhnya komunisme, mengubah dirinya menjadi sebuah broadcaster modern yang menonjol. Hanya sedikit saja yang meragukan bahwa mereka punya audiens jauh lebih banyak daripada stasiun radio Czech lain, tetapi sayangnya para pendengar ini tersebar di seluruh dunia dan tidak membentuk satu lobi domestik yang kuat.
Siaran-siaran shortwave memang menurun, tetapi mereka harus dilihat sebagai bagian dari mosaik yang lebih luas. Broadcaster internasional sekarang telah lama menyadari perlunya melakukan siaran pada sejumlah platform yang berbeda: shortwave, medium wave, FM, satellite, internet dsb. Pandangan lebih jauh ke depan di antaranya harus flexible dan innovatif. Dalam hal ini, transformasi modern di Radio Prague telah dimulai lebih dari limabelas tahun yang lalu ketika menjadi salah satu broadcaster internasional pertama yang membuat websitenya sendiri. Itu berlangsung di tahun 1994. Kemudian disusul dengan cepat layanan berita email harian dan lain-lain innovasi, termasuk komitmen penuh semangat pada broadcasting satellite. Pada saat yang sama telah dipermodern cara produksi radio; saat ini para jurnalisnya mendapat kesempatan karena mereka bekerja pada satu lingkungan multi-media, di mana kata yang diucapkan diperkuat dengan teks dan image.
Dan Radio Prague telah belajar untuk menjadi sangat cost effective, mengudara ke seluruh dunia dalam enam bahasa setara kurang dari tiga juta euro per tahun.
Agar semua ini bisa berlanjut, adalah mutlak krusial bagi Radio Prague untuk tidak melupakan aktivitas utamanya. Keberhasilan stasiun sekarang dibangun dari status dan tradisinya sebagai sebuah broadcaster radio. Bila melupakan identitasnya sebagai radio, sudah pasti akan tersesat, dalam usaha kerasnya untuk bersaing di satu lahan yang bukan miliknya sendiri.
Kabar mengenai pemotongan anggaran membuat para staff dan manajemen Radio Prague pada sebuah posisi yang sulit. Tidak mudah bagi mereka untuk melakukan kampanye penyelamatan siaran shortwave, karena mereka sendiri bisa berhadapan dengan alternatif pengurangan pekerjaan. Mengingat jumlah dana yang diperlukan untuk menyelamatkan siaran shortwave sangat kecil, saya yakin bahwa faktor penyebabnya pantas untuk diperdebatkan dan bahwa hal itu tidak harus berupa pemilihan jabatan di luar shortwave. Kalau para decision-maker di pemerintah dan di kementerian bisa dibuat mengerti persoalannya, saya yakin bahwa dana itu bisa diperoleh.
Itulah sebabnya saya menulis surat ini – menghimbau para pendengar di seluruh dunia untuk berpacu di belakang Radio Prague pada saat yang sulit ini.
Salam hangat
David Vaughan

Sekarang Radio Prague memerlukan dukungan pendengar. Alamatnya:
Radio Prague
Vinohradská 12
120 99 Prague 2
Czech Republic
Tel: (+420) 221 552 933
Fax: (+420) 221 552 903
E-mail: cr@radio.cz

Pendengar juga diharap untuk menghubungi Kementerian Luar Negeri Republik Czech
Ministerstvo zahranič ních věcí
Loretánské náměstí 5
118 00 Praha 1, the Czech Republic
tel: +420 224 181 111
e-mail: podatelna@mzv. cz

Pendengar diharap menghubungi Kedutaan Czech dan perwakilannya di negeri mereka sendiri.
Daftar Kedutaan Czech bisa diperoleh di http://www.mzv. cz/jnp/en/ diplomatic_ missions/ czech_missions_ abroad/index. html

 ————————- 

sumber : swl 1.038 oleh Tony Ashar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s