Radio Voice Of Russia Mulai Siaran Dengan Format Cell Phone

Moscow, October 15. Sejak hari Selasa, siaran Radio Voice of Russia akan tersedia bagi para pemilik cellular phone. Kepala Voice of Russia Andrei Bystritsky menyatakan bahwa proyek Mobile Voice of Russia memungkinkan untuk mendengarkan siaran VOR di setiap bagian dunia dengan re-translator mobile kualitas prima. Proyek ini memperlihatkan, tegas Bystritsky, bahwa sebagai layanan yang mengikuti perkembangan teknologi dan profesional, siaran bahasa asing Russia sekarang mampu memberikan konten yang relevan kepada pendengarnya pada semua format yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan teknologi wireless. Proyek Mobile Voice of Russia utamanya di-design bagi mereka yang tinggal di negara-negara yang memiliki jaringan telekomunikasi canggih – sesuatu yang akan membantu mereka dengan cepat mendapatkan informasi yang relevan tentang perkembangan terbaru di Russia dan sekitarnya.

Sekarang, program yang berkaitan dengan Mobile Voice of Russia dalam 17 bahasa telah tersedia bagi pemilik smart phone yang telah memakai operating system Windows Mobile. Pemilik smart phone pertama-tama harus mengunjungi situs VOR di http://www.ruvr.ru dan men-download software khusus yang diperlukan untuk mendengarkan siaran mobile VOR. Software dibagikan secara free-of-charge.

Awal tahun depan akan lebih banyak lagi mobile gadget dan operating system yang relevan dipakai oleh pendengar untuk mendengarkan Mobile Voice of Russia, yang merencanakan untuk mulai siaran dalam 39 bahasa sebelum akhir 2010.

Sebagai siaran yang diselenggarakan oleh negara Russia, Voice of Russia berdiri tahun 1929 dan tiap hari mengudara dalam 39 bahasa ke 53 negara dengan dukungan berbagai transmitter, termasuk yang berformat digital.

Situs resmi Voice of Russia adalah http://www.ruvr.ru (via Kraig Krist, DXLD)

Saya menerima pesan yang sama sebelumnya pada hari ini tentang siaran Voice of Russia ke cell phone saya. Karena saya yakin ada basis besar pendengar VoR, saya hanya tidak bisa membayangkan memakai cell phone saya untuk mendengar siaran-siaran mereka. 73, (Rich D`Angelo, PA, NASWA yg via DXLD)

Rich, mungkin Anda tidak, tetapi anak-anak muda di bawah 30 memakai cell phone mereka untuk banyak hal yang tidak dilakukan oleh orang-orang gaek seperti kita. Itulah sebabnya mengapa penjualan arloji menurun – anak-anak muda melihat waktu di cell phone mereka untuk mengontrol waktu.

Sementara, banyak smart phone berisi software untuk memainkan MP3 audio dan juga punya kartu memory guna menyimpan audio itu.  Banyak dari phone itu punya perencanaan data yang tidak terbatas, jadi bukanlah menjadi persoalan bagi mereka untuk streaming audio.

Di forum Internet Radio pada Fest tahun lalu, Dan Srebnick men-demonstrasikan aplikasi dan software untuk smart phone yang mengubah mereka secara de facto menjadi radio Internet. Seperti yang mungkin tidak ingin kita akui, saya perkirakan lebih besar prosentase penduduk AS yang memiliki Smart Phone dan mampu memanfaatkan teknologi baru ini (dan memakainya dengan teratur) daripada mereka yang memiliki radio shortwave (dan memakainya dengan teratur). Perbedaan prosentase akan semakin nyata khususnya bagi mereka yang berusia di bawah 40.

Kalau saya seorang broadcaster, saya akan berbuat hal yang sama, dan kemudian memeriksa feedback pendengar atau menyelenggarakan survey untuk melihat bagaimana dan ke mana pendengar saya yang termotivasi akan tune in (Richard Cuff / Allentown, PA, ibid.)

———————-

Sumber : swl 1.040 oleh Tony Ashar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s