VOA memanfaatkan fitur pesan SMS untuk pendengarnya di seluruh dunia

MEDIA NETWORK : December 9th, 2009 – 11:22 UTC oleh Andy Sennitt. Teks siaran pers Voice of America tanggal 8 Desember

Karena sekarang orang mencari berita dan informasi melalui peralatan mobile, Voice of America (VOA) memanfaatkan pengiriman pesan SMS – short messaging service – untuk memberi informasi kepada pendengarnya di seluruh dunia. “Pertumbuhan mobile technology sebagian besar disebabkan oleh para pemakai muda, urban pada teknologi baru,” kata Gwen Dillard, direktur Divisi Afrika VOA. “Adalah penting untuk memperhatikan pasar ini dan mencoba untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru mereka, karena selanjutnya mereka akan berperan pada para pemakai generasi mendatang. Persaingan memang keras. Kami perlu me-respon pasar yang sedang tumbuh ini.” VOA bersama provider lokal telah bekerjasama dalam pengiriman SMS di wilayah-wilayah seperti:
* Nigeria. VOA siaran bahasa Hausa Service punya sekitar 13,700 pelanggan bekerja sama dengan Dottxt di mana pemakai bisa mendapat sampai empat pesan peringatan dalam sehari.
* Kenya. Lebih dari 1,000 orang telah sign up ke VOA siaran bahasa Swahili melalui Safaricom.
* Ghana. Lebih dari 144,000 pelanggan telah sign up ke pesan peringatan VOA siaran bahasa Inggris melalui kerjasama dengan Tigo.
* Pakistan. Siaran bahasa Urdu VOA menampilkan audio newscasts cell phone tiga kali sehari.
* Indonesia. VOA punya kerjasama dengan Jatis untuk pengiriman dua SMS headlines per hari.
* China. Materi pelajaran bahasa Inggris VOA telah dipasang di cell phone Nokia. Sampai akhir tahun 2008, telah diunduh 357,502 materi VOA Mandarin oleh sekitar 210,000 pemakai cell phone Nokia.
* Iran. Rencana sedang disusun untuk Jaringan Berita bahasa Farsi VOA guna menambahkan aplikasi untuk iPhone Apple, yang memungkinkan orang-orang Iran untuk men-download siaran-siaran bahasa Farsi.

Sebagai tambahan untuk text messaging dan aplikasi Web, VOA sedang meng-upgrade dan memperbesar ke-17 situs mobilenya dengan memasukkan semua konten berita grafik, audio dan video. Banyak dari siaran bahasa lain – semuanya 45 – akan segera meluncurkan pesan berita SMS, termasuk Special English, French-to-Africa dan siaran bahasa Zimbabwe.

(Sumber: siaran pers Voice of America, Washington DC, bahasa Inggris 8 Des 09 via BBC Monitoring)

————————–

Sumber : swl 1.055 – Friday, December 25, 2009 oleh Tony Ashar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s