Warta Berita Radio Jepang : “Pemerintah Jepang berusaha menyelesaikan rancangan anggaran tahun fiskal 2010”

http://money-picture.com/index13.10000.html

Nama Acara : Warta Berita
Tanggal Pemantauan : 23 Desember 2009
ISI : Berita tentang Pemerintah Jepang berusaha menyelesaikan rancangan anggaran tahun fiskal 2010 cukup menarik untuk dicermati. Menarik karena ini menjadi rancangan awal anggaran tertinggi yang pernah ada, total 92 trilyun yen. Rancangan anggaran yang tinggi menunjukkan kepercayaan pemerintah kepada kemampuan negara memenuhi anggaran, ini tentu berkaitan erat dengan keadaan perekonomian yang membaik. Tidak berbeda jauh dari kebanyakan negara, Jepang juga mempunyai pendapatan negara yang besar dari sektor pajak yang rancangannya mencapai 411 milyar dolar, pendapatan yang besar dari pajak sangat berkaitan erat dengan keadaan ekonomi suatu negara, jika perekonomian bagus maka sektor pajak juga akan menyumbang lebih banyak bagi pendapatan negara karena para pelaku ekonomi dapat memperoleh laba yang signifikan dan akhirnya mampu membayar pajak. Menarik juga dicermati dari sisi pengeluaran ; 600 milyar dolar belanja umum, dan didalamnya ada belanja tunjangan anak, dan pembebasan uang pendidikan untuk SMA. Disini tergambar perhatian yang tinggi terhadap perkembangan generasi muda dan pendidikan di Jepang. Support yang optimal terhadap pendidikan dengan membebaskan uang pendidikan sampai tingkat SMA tentu bukan langkah yang kecil, karena membutuhkan anggaran yang besar. Anggaran yang besar untuk pendidikan ini sangat menarik, ciri yang khas melekat pada anggaran negara-negara maju. Jepang sebagai negara termaju di Asia menjadi pionir dalam kemajuan di bidang pendidikan ini, dan terbukti dengan dukungan anggaran yang besar ini pendidikan di Jepang dan negara maju lain benar-benar maju. Bila dilihat dari sejarah sejak Restorasi Meiji pendidikan di Jepang telah mendapatkan porsi perhatian pemerintah yang besar, tidak mengherankann jika akhirnya pendidikan mengalami kemajuan yang pesat. Dalam rancangan anggaran ini pemerintah juga menghapus belanja yang tidak perlu, penghapusan ini tentunya didasarkan atas evaluasi anggaran tahun lalu, terbersit juga pertanyaan “kalau tidak perlu, kenapa tahun lalu pos ini dianggarkan?” – mungkin karena tahun lalu pos ini masih perlu pembiayaan sedang di tahun ini sudah tidak diperlukan lagi. Sebuah langkah kebijakan fiskal yang memang diperlukan agar efisiensi anggaran dapat tercapai. Menarik.
Tahun 2010 ketika anggaran belanja ini disahkan, saya berharap NHK World dapat mengangkatnya dan diulas di Fokus Radio Jepang.

—————–

Sumber : Laporan Pemantauan program Radio Jepang NHK World Desember 2009 #2, Tanggal : 23 Desember 2009, Jam 22.30 utc, Audio streaming NHK World Radio Japan http://www.nhk.or.jp/nhkworld/indonesian/top/podcasting.html, Program : Warta Berita
Gambar : http://money-picture.com/index13.10000.html

2 thoughts on “Warta Berita Radio Jepang : “Pemerintah Jepang berusaha menyelesaikan rancangan anggaran tahun fiskal 2010”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s