Rekomendasi Radio Receiver Shortwave Buat Para Pemula

dari DX LISTENING DIGEST 10-02, January 12, 2010

Setelah beberapa jam berinternet mencari radio shortwave yang cocok untuk keadaan darurat tanpa hasil memuaskan, malah tambah bingung, saya melintas ke situs Anda. Saya tidak punya pengalaman dengan radio shortwave dan saya mohon dipilihkan merk/model tertentu atau pabrikan yang bisa dipercaya menurut Anda. Saya ingin sebuah radio yang pakai engkol bila batere saya mati. Saya pikir sebuah tuner digital dengan kemampuan menyimpan memory akan lebih mudah dipakai tetapi bila Anda punya pengalaman dengan tuner analog yang bagus, boleh saja. Saya mencari di kisaran harga $75 sampai $150 maksimum. Saya tinggal di Huntington Beach, CA dekat sebuah Fry, Best Buy, dan Radio Shack dan punya akses bagus ke internet untuk pembelian on-line. Saran Anda sangat saya hargai. Thanks

(Paul Rubin, CA, Jan 10, to gh, via DXLD)

Paul, saya tidak bermaksud memberi rekomendasi spesifik karena saya sendiri tidak sering mencoba-coba radio yang berbeda-beda. Ini dua dealer yang punya reputasi baik dan spesialis SW:

http://www.universal-radio.com

http://www.ccrane.com

Karena Anda tidak punya pengalaman dengan shortwave, saya sangsi apakah Anda memahami apa yang sesungguhnya Anda harapkan bisa dengar di band itu, dalam keadaan darurat yang bagaimana?

Sekali Anda sudah punya pilihan merk dan model tertentu dalam pikiran, saya yakin Anda bisa meneliti review para pemakai, dan/atau ikut layanan untuk receiver tersebut.

Andapun bisa memperoleh review beberapa receiver di buku-buku ini: World Radio TV Handbook, edisi terbaru 2010 baru saja terbit, atau Passport to Worldband Radio, edisi terakhir dan final 2009. Salam,

(Glenn Hauser to Paul, ibid.)

————————————–
Sumber : swl 1.059 terbit  17 Januari 2010 oleh Tony Ashar

Catatan Admin : dua situs web yang direkomendasikan oleh Glenn pada Paul memang menawarkan banyak shortwave receiver yang menarik, ada yang baru ada pula yang second, tinggal pilih!

Leave a Reply

