RFE/RL Meluncurkan Stasiun Radio di Jantung Pashtun Pakistan

RFE/RL Meluncurkan Stasiun Radio di Jantung Pashtun Pakistan

logo radio mashaal
Logo Radio Mashaal

January 14, 2010 (PRAGUE, Czech Republic) Tanggal 15 Januari RFE/RL akan mulai mengudara dalam dialek Pashto setempat dan wilayah perbatasan antara Afghanistan dan Pakistan. Stasiun baru itu – disebut Radio Mashaal (“Obor” dalam bahasa Pashto) – akan memberi alternatif pada stasiun-stasiun radio Islam extrim yang semakin menjamur di wilayah itu.

Ada kebutuhan mendesak untuk berita dan informasi yang akurat dan obyektif di wilayah suku-suku Pakistan,” kata Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke. “Komitmen Radio Mashaal pada jurnalisme professional dalam bahasa setempat akan menjadi kontribusi penting bagi perdamaian, rekonsiliasi dan demokrasi di wilayah itu.”

Jurnalis veteran dan penulis Pakistan Ahmed Rashid mengatakan ia berharap Radio Mashaal “akan memberi penduduk jenis informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan tepat dalam hidup mereka.”

Satu surprise bagi pendengar adalah pemunculan kembali Haroon Bacha, seorang penyanyi tenar Pashtun yang kabur dari wilayah itu tahun lalu menyusul ancaman pembunuhan dari Taliban. Artis rekaman berusia 36 tahun yang lusinan album, video musik dan tayangan televisinya membuatnya sebagai salah satu penghibur paling terkenal di wilayah itu – akan menyelenggarakan pertunjukan budaya untuk Radio Mashaal. [lihat The New York Times: “Suaka AS Bagi Penyanyi Yang Melarikan Diri Dari Taliban,” 10/12/08]

Kebutuhan mendesak untuk berita dan informasi yang akurat dan obyektif di wilayah suku-suku Pakistan

Siaran perdana akan diudarakan secara live pada 15 Januari jam 4 sore waktu setempat. Koresponden Radio Mashaal akan meliput berita-berita setempat dan internasional dengan laporan lengkap tentang terorisme, politik, isu-isu wanita, dan pemeliharaan kesehatan (dengan penekanan pada obat-obatan pencegah). Stasiun akan menampilkan diskusi kelompok dan interview bersama para pemimpin suku dan penguasa daerah sebagai tambahan pada program call-in reguler yang bertujuan untuk memberi pendengar kesempatan untuk didengar suaranya.

Radio Mashaal akan beroperasi dengan sebuah kantor baru di Pakistan dan mengudara dari markas RFE/RL di Prague. Stasiun akan berbagi satu frekuensi dengan Radio Deewa VOA dan transmit via FM dan shortwave. Secara online, situs Radio Mashaal akan menyajikan live stream dari siaran-siarannya.

MEDIA AS: Untuk jadwal interview, hubungi Ari Goldberg (goldberga@rferl.org, 202.494.0388)

PERS ASING: Hubungi Julian Knapp (knappj@rferl.org, +420.602.611.008)

——————————–

Jadwal Radio Mashaal menurut situs RFE/RL: 9395, 11605, 13700 setiap hari jam 1600-1800 waktu setempat, dan akan ditingkatkan menjadi 9 jam pada bulan September 2010. [Akbar Indra Gunawan, 15-Jan-2010 23:16:14]

———————————

Sumber : swl 1.059 terbit 17 Januari 2010 oleh Tony Ashar

Catatan Admin: perang informasi : siapa yang akhirnya akan menang? Amerika?….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s