Tony Ashar dan Kartu dari Stasiun Radio

ATENSI edisi Desember 2009 saya terima pada hari Senin 18 Januari 2010; terima kasih, bung Jayadi. Tersaji informasi bervariasi mulai dari VO Malaysia, DW, program KangGURU Indonesia, RNW, VOV, selain kolom tetap ‘Sapa Atensi’, ‘LPS’, ‘Atensi eSEmeS’, ‘Atensi Quiz’, dan ‘Pustaka Atensi’.

Walau terlambat, terima kasih juga saya ucapkan atas kiriman jadwal siaran sw B09 dalam [kalau tidak salah] format .xl beberapa waktu yang lalu. Saya berpendapat sebaiknya jadwal A10 sekitar akhir bulan Maret nanti bisa ditampilkan di ATENSI dalam format itu, misalnya sebagai halaman tengah.

Selanjutnya saya ingin menambah komentar untuk tulisan ‘Antara Budaya Dan Perhatian’ di halaman 10 – 13. Yang dimaksud dengan ‘budaya’ dalam tulisan tersebut adalah kebiasaan menyampaikan ucapan selamat, khususnya di lingkungan swl. Biasa dilakukan oleh pendengar kepada stasiun radio, atau sebaliknya oleh stasiun radio kepada pendengarnya, untuk tujuan memelihara kelestarian hubungan. Seiring dengan kemajuan teknologi, ada juga yang memanfaatkan sarana virtual.

Yang seringkali dilakukan oleh [klub] pendengar adalah ucapan selamat ulang tahun stasiun, sementara dari pihak stasiun ucapan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru, ada juga Selamat Hari Idul Fitri dari Seksi Indonesia Radio Nederland dan stasiun negara-negara Islam. Di tahun-tahun awal hobi swl saya, Radio Nederland pernah membalas ucapan Selamat saya dengan kartu bergambar bangunan kincir angina, pemandangan yang khas dari negeri Belanda.

Kartu-kartu dari stasiun RTI biasanya bergambar binatang lambang tahun kalender China. Menyambut tahun 2010 ini, saya menerima 2 kartu dengan desain yang sama; yang berbeda adalah pengirimnya. Kartu pertama dari seksi bahasa Indonesia dengan stempel tanda tangan Maria S, Tommy H, Tony Thamsir, Mimi S, Amina, Maidin, Farini, dan Agung S. Kartu ke dua dari seksi bahasa Inggris dan ditanda-tangani [benar-benar] oleh Paula Chao, Andrew Ryan, Shirley Lin, Charlie Storrar, Natalie Cho, dan satu lagi tak terbaca. Saya juga pernah menerima ucapan Selamat Tahun Baru dari kedua seksi bahasa itu dalam format yang cukup unik dengan gambar mikrofon. Tradisi mengesankan lainnya dari stasiun ini adalah pengiriman kartu ucapan selamat ulang tahun kepada para pendengarnya sebagai kelanjutan dari pengisian data diri pendengar pada tiap formulir lps yang dikirimkan ke stasiun tersebut.

Sementara dari CRI seksi bahasa Inggris – jauh sebelum akhir tahun 2009 – saya menerima selembar kartupos ukuran jumbo dengan perangko bergambar bunga dan bercap pos 2009.10.01.10. Angka yang cukup fantastis menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi RRC yang ke 60 pada tanggal 1 Oktober 2009. Kartupos yang diterbitkan oleh Dinas Pos Negara, dan banyak menampilkan tulisan dan logo CRIENGLISH.com itu jelas bukan ucapan selamat kepada penerimanya. Boleh jugalah untuk koleksi, karena tidak terbit setiap tahun. Tanggal 25 Januari 2010 baru datang kartu ucapan “Happy New Year!”[sic], kartu 60 tahun RRC 1949-2009 Global Knowledge Contest, dan jadwal program & frekuensi siaran bahasa Inggris, CRI-2. Tiada lagi The Messenger?

Stasiun Jerman Deutsche Welle punya tradisi pada setiap akhir tahun mengirimkan kartu-kartu terbitan UNICEF, United Nations Children’s Funds. Mungkin sekalian memberi donasi untuk badan PBB yang sudah 60 tahun memfasilitasi anak-anak di seluruh dunia, hak-hak mereka di bidang kesehatan, edukasi, persamaan hak, dan perlindungan dari diskriminasi. Di kartu yang baru tercetak himbauan untuk mengunjungi situs www.unicef.org. Di kartu yang lama pernah tercetak informasi mengenai vaksinasi yang telah berhasil mengurangi 75% korban virus polio sejak tahun 1981, walaupun virus itu tetap menyerang lebih dari 100,000 anak-anak setiap tahun.

Radio Habana Cuba pernah mengirim kartu ucapan Selamat Tahun Baru bertulisan ‘Feliz Nuevo Año’ dan bergambar pemandangan area pedesaan yang mirip dengan negeri kita, semuanya dalam nuansa coklat keemasan.

Yang baru bagi saya adalah kartu ucapan Selamat Tahun Baru dari Radio Suara Vietnam VOV5. Secara keseluruhan tipografinya sederhana saja, namun warna amplop dengan gambar bunga ditambah 2 perangko bergambar bunga dan ikan yang ditempelkan dengan cukup rapi, memberi kesan cantik namun tegas. TA (Tony Ashar)

————————–
Sumber : SWL 1.060 28 Januari 2010 by Tony Ashar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s