Program Radio Jepang NHK World 19 Februari – 27 Februari 2011

Program Radio Jepang NHK World 19 Februari – 27 Februari 2011


Program Radio Jepang NHK World Tanggal 19 Februari 2011 sampai dengan 27 Februari 2011 dapat Anda simak dalam jadwal berikut ini. Untuk mendengarkan program ini dapat melalui siaran radio gelombang pendek atau streaming di internet di situs NHK World

19 Februari (Sabtu)

  • Pojok Tamatebako: Atsuki – Komunitas Pencinta Jepang di Yogyakarta
    Kali ini kami akan memperkenalkan komunitas pecinta Jepang dari kota Yogyakarta, Atsuki. Kegiatan mereka luas, mulai dari aktif tampil dan mengikuti kejuaraan cosplay di sejumlah kota di Indonesia dan membuat origami, hingga aktif dalam kegiatan relawan untuk para korban Merapi. Anda bisa menyimak perbincangan tentang terbentuknya komunitas Atsuki, kegiatan mereka dan suka duka seorang anggotanya sebagai cosplayer.
  • J-Pop Pekan Ini
    Setiap Sabtu kami memutarkan tiga lagu yang tengah populer di Jepang pekan ini beserta informasi seputar penyanyi dan lagunya.

20 Februari (Minggu)

  • Halo dari Tokyo
    Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

21 Februari (Senin)

  • Fokus Radio Jepang: Teknik Tradisional untuk Memusnahkan Puing-puing di Luar Angkasa
    Alat penambat elektronik yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan produsen jaring ikan saat ini memainkan peran utama dalam sebuah proyek yang digelar Jepang untuk memusnahkan sampah-sampah luar angkasa. Kita akan melihat bagaimana alat yang dikembangkan dari teknik tradisional itu dapat berperan penting dalam sebuah proyek untuk membakar puing-puing yang berada di atmosfir.
  • Belajar Bahasa Jepang

22 Februari (Selasa)

  • Menelusuri Kembali Jepang: Hubungan Antar-Masyarakat yang Tetap Penting
    Tokyo saat ini dipadati dengan bangunan-bangunan bertingkat. Namun hubungan antar-tetangga sebenarnya tetap hidup di kalangan masyarakatnya. Rekan Tania Naznin dari siaran bahasa Bengali akan melaporkan bagaimana cara kerja sistem itu.

23 Februari (Rabu)

  • Nippon Q & A: Kemudi Kendaraan di Sisi Kanan
    Nippon Q&A kali ini akan menjawab pertanyaan dari seorang pendengar di Spanyol: “Di Jepang mobil-mobil memiliki kemudi di sisi kanan, seperti halnya di Inggris. Saya pernah dengar peraturan ini sudah ada sejak era samurai. Benarkah peraturan ini ditetapkan untuk lebih mempermudah saat harus mencabut pedang?”
  • Lanskap Suara: Pelabuhan Haedomari
    Pelabuhan Haedomari merupakan pusat penangkapan ikan buntal yang terbesar di Jepang. Dalam keadaan masih menggelepar, ikan itu dilelang di tengah suhu yang membeku.
  • Belajar Bahasa Jepang
    Kuis Belajar Bahasa Jepang – Bagian 11
    Mari kita ulang kembali sejumlah ungkapan yang pernah digunakan dalam acara Belajar Bahasa Jepang, dalam bentuk kuis. Klik di sini untuk menuju ke halaman Kuis Belajar Bahasa Jepang.

24 Februari (Kamis)

  • Fokus Radio Jepang: Upaya Menyebarkan Budaya Sushi yang Benar Lewat Ujian Sushi Internasional
    Seiring semakin meluasnya konsumsi sushi di seluruh dunia, sekelompok gerai sushi di Jepang menggelar “Ujian Sushi Internasional” yang pertama pada akhir Januari di Singapura. Masayoshi Kazato yang menggagas ide ujian sushi ini akan menceritakan tentang tujuan kegiatan tersebut.

25 Februari (Jumat)

  • Fokus Radio Jepang: Membantu Para Pembelanja yang Kurang Beruntung
    Belakangan semakin banyak warga usia lanjut yang mengalami kesulitan dalam berbelanja karena ditutupnya supermarket terdekat serta bis-bis publik yang tidak beroperasi. Kami akan laporkan bagaimana sebuah masyarakat setempat kemudian mengulurkan bantuan pada kalangan yang disebut “Pembelanja yang kurang beruntung” ini.
  • Belajar Bahasa Jepang

26 Februari (Sabtu)

  • Instrumen Jepang: Biwa
    Pada hari Sabtu setiap bulannya, kami memperkenalkan Anda pada daya tarik instrumen tradisional Jepang, dan bulan ini giliran alat musik biwa. Biwa adalah sebuah alat musik berdawai yang mirip dengan kecapi. Diyakini alat ini berasal dari Timur Tengah dan dibawa masuk ke Jepang lewat jalur sutra. Bagaimanakah instrumen ini digunakan di Jepang? Kami akan ceritakan lebih lanjut tentang biwa sambil menikmati keindahan suaranya.
  • J-Pop Pekan Ini

27 Februari (Minggu)

  • Halo dari Tokyo
    Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

——-
sumber : Radio Jepang NHK World

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s