2016, Kembali ke DXing

misty-blog-gussdx.jpg

Setelah sempat vakum beberapa tahun saya memutuskan kembali menekuni hobi SWL – DXing di tahun 2016 ini, mencoba kembali memantau siaran radio gelombang pendek dari seluruh dunia dan berusaha memperoleh QSL verification card dari station radio yang berhasil di log.

Ada banyak perbedaan dengan masa beberapa tahun yang lalu, DXing sekarang harus pandai-pandai bagi waktu, kalau mau pantau siaran pagi hari mesti pilih hari libur atau kalau hari kerja bisa terlambat sampai tempat kerja🙂. kalau log siaran malam harus lihat-lihat jam, jangan sampai kebablasan sampai tidak tidur, bisa negatif di kesehatan dan kinerja dalam bekerja, dan harus pandai menej waktu agar hobi bisa jalan tapi membersamai keluarga juga tak ditinggalkan.

Berbeda juga dengan masa dulu, DXing sekarang dimudahkan dengan tersedianya informasi yang up to date tentang station radio, frekwensi, waktu siaran dan transmiter site dari banyak website di internet. Sehingga apabila tuning di frekwensi tertentu dengan siaran yang asing, dapat segera mengetahui nama stationnya dan informasi lain termasuk alamat untuk QSL. Berbekal receiver dengan digital display, smartphone android (paket data aktif), buku, ballpoint, dan komputer terkoneksi internet, log ke station radio yang baru saja kita buat bisa langsung di submit ke situsnya atau dikirim via email ke station bersangkutan.

Jika menemui masalah, cari informasi, atau ingin berdiskusi tentang DXing dengan teman sehobi sekarang bisa pakai banyak jalur komunikasi yang cepat, mulai dari sms, FB, WA atau medsos lain.. sangat dimudahkan

semoga lancar…… QSLnya🙂🙂

salam DX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s