DXer Jaman Now

Dxer Jaman Now

Menekuni hobi DXing di jaman sekarang ini ibarat memelihara benda antik, hobi jaman lama tapi nilainya tetap tinggi. Ketika dunia berubah menjadi lebih modern bersamaan dengan itu beberapa hobi lama tidak lagi punya tempat dihati generasi baru, bukan karena mereka tidak menyukainya tapi karena mereka tidak mengenalnya.

Demikian juga dengan DXing, hobi monitor radio terutama radio gelombang pendek ini sudah makin langka penggemarnya, karena generasi baru sudah banyak yang tidak tahu dengan siaran gelombang pendek, kalau mereka mendengarkan radio, maka akan lebih banyak dari siaran FM atau streaming radio internet.

Bagi generasi lama yang menekuninya, hobi ini tetaplah menarik, meskipun tetap tidak bisa lagi sama seperti dulu tapi masih tetap bisa dinikmati, apalagi ditunjang dengan banyaknya kemudahan dalam menjalankan hobi ini karena kemajuan teknologi yang makin canggih dan terjangkau.

Dari sisi receiver misalnya, dahulu untuk mendapatkan receiver digital harus merogoh kantong dalam-dalam, hanya merk-merk terkenal yang menyediakannya dengan harga yang cukup tinggi. Ada Sony, Panasonic, Sangean, Grundig, Sekarang dengan harga yang tidak terlalu tinggi kita sudah bisa dapatkan receiver digital dari pabrikan China dengan merek Tecsun. Meskipun bukan merk-merk lama yang beken itu tapi sudah cukup untuk DXing dengan receiver berdisplay digital readout.

Untuk komunikasi dengan station radio juga makin mudah di jaman ini. Bisa always contact melalui media sosial dan messenger dan berkirim laporan melalui email. Lebih efektif dan efisien, cepat, simpel, dan tentu lebih murah.

Hobi ya sekedar hobi, meski begitu ada sejarah manis yang menyertainya yang membuat hobi ini punya ikatan batin bagi pelakunya, kadang tidak sekedar kesenangan tak terjelaskan, tapi juga keuntungan material yang membuat ikatannya makin kuat.

DXing di jaman Now : kombinasi aktivitas mendengarkan dan menulis, dengan sarana hasil kemajuan teknologi : receiver digital, smartphone, komputer, internet dan media sosial. Melanggengkan hobi lama yang terpinggirkan di kemajuan dunia siaran radio, dimana siaran melalui gelombang pendek mulai ditinggalkan dan perlahan namun pasti perubahan kearah cara-cara baru mungkin akan terjadi. Sampai ke titik itu dimana gelombang pendek telah benar-benar kosong dari siaran,  DXer masih akan punya tempat.

Advertisements

One thought on “DXer Jaman Now

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s